//
you're reading...
Wisata Sejarah

Tugu Yogyakarta

Ngehangout di Tugu Jogja emang udah jadi schedule Ane bareng temen-temen yang tinggal di Kota Jogja. Yaa walaupun gak sering-sering amat, tapi lokasi ini merupakan salah satu kawasan yang biasanya kami jadiin sebagai tempat kongkow bareng sama temen-temen. Monumen yang dijadikan sebagai icon Kota Jogja ini berada tepat di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro.

Tugu Jogja yang telah berusia hampir 3 abad ini memiliki makna yang dalam sekaligus menyimpan beberapa rekaman sejarah kota Yogyakarta. kalau waktu di SD dulu cuma bisa ngebaca sejarahnya aja, kini Ane bisa melihatnya langsung dengan mata kepala ane sendiri, live lagi..hhe 😆 . Dilihat dari sejarahnya, bentuk dan ukuran Tugu jogja ini pernah mengalami perubahan. Tepatnya pada tanggal 10 Juni 1867, gempa yang mengguncang Yogyakarta saat itu membuat bangunan Tugu runtuh. Dan renovasi bangunan Tugu ini dimulai kembali sekitar tahun 1889-an.

Adapun waktu yang paling ajieb buat nikmatin Tugu Jogja adalah pada saat malam hari. Dengan dihiasi lampu-lampu temaram, Tugu jogja mulai memancarkan pesonanya bagi siapa saja yang memandang. Dipojok Jl. Pangeran Mangkubumi juga tersedia bangku yang menghadap ke tugu ini, kita bisa bersantai ria sambil mengabadikan foto kita di Tugu Jogja ini.

jika masa perantauan Ane udah abis di kota ini, Ane berharap saat malem terakhirnya masih bisa menikmati Tugu Jogja dari dekat dan memeluknya, sebagai ungkapan rasa sayang Ane terhadap kota Jogja yang akan Ane tinggalin. Dan berharap suatu saat nanti bisa kembali lagi menikmati pesona keindahan Kota Yogyakarta. amien…. 😆

Ya SalaaMm..

Berbagai Sumber

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

About Zaronja

Berbagi waktu dengan alam, kau akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya-hakikat manusia *Gie

Diskusi

Satu respons untuk “Tugu Yogyakarta

  1. katanya nih ya mas, kalo bukan orang asli jogja terus foto di tugu itu bakalnya besok menetap di jogja. hotel murah di jogja

    Posted by hotelmurahdijogja | 2 September 2015, 8:49 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Ocean Park, BSD Tangerang

a Trip to Pindul Cave & Oyo River

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Grojogan Sewu, Solo

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan Imogiri

Jembatan Gantung Imogiri

My Documentary Video

%d blogger menyukai ini: