//
you're reading...
Lain-lain

Buku Biografi KH. Muhasyar Baran

Alhamdulillah, buku yang menceritakan kehidupan KH. Muhasyar Baran atau yang biasa disapa akrab dengan sebutan Abi bagi Anak, Cucu, dan juga Warga sekitar telah rampung. yaa..walaupun buku ini tidak sepenuhnya menceritakan keseluruhan kehidupan Abi, karena memang tidak mudah menceritakan ulang kisah hidup seseorang yang sudah berpuluh-puluh tahun yang kemudian dituangkan kedalam tulisan, tapi Saya kira isi buku ini sudah hampir mewakili kisah kehidupan Beliau dengan baik.

Dan Saya sangat berterima kasih kepada Penulis yang sudah menuliskan cerita terkait kehidupan Abi. Saya pun sebenarnya sudah memikirkan hal ini sedari dulu (usaha untuk membukukan perjalanan hidup Abi), karena saya pikir perjuangan Abi dalam mengarungi kehidupan ini patut dijadikan tauladan, khusunya bagi kami, anak-anaknya dan juga cucu-cucunya.

Keteguhan, kesabaran  dan ketekunan Abi dalam menjalani hidup membuat saya sadar betul akan tugas dan kewajiban kita didunia ini. Setiap kali membaca buku Biorafi Abi ini, entah kenapa saya selalu kangen dengan kisah-kisah yang Beliau ceritakan kepada saya. Bisa mendengarnya langsung pun merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri buat saya.

Teringat lekat sekali saat liburan Idul Fitri 2010, Abi mengajak Saya, Bapak dan juga Adik saya pergi Ziarah ke Makam kedua Orang tuanya yang tidak lain adalah Buyut saya. Setelah Dzikiran selesai, tiba-tiba Abi terdiam (sambil memandang batu nisan makam Ibunya) Kami yang melihatnya hanya diam saja membiarkan Abi mengingat masa-masa indahnya bersama kedua Orang tuanya tersebut. refleks saja Abi langsung memandang wajah Kami, dengan suara sedikit serak-menggema namun tetap tegar, Abi mulai bercerita mengenang kisah-kisah kehidupannya saat bersama keluarga dan juga perjuangan saat menuntut ilmu.

Subhanallah, begitu getirnya Abi dalam menjalani cobaan hidup, yang membuat saya sangat terharu adalah kisah Abi saat dipesantren. Kala itu Abi janjian dengan saudaranya, yaitu Syatiri (Alm) –  Kami biasa memanggilnya “Baba Tiri” – di Pasar Jombang Ciputat. Sepahaman Abi, mereka bertemu itu untuk mendapat kiriman uang, sedangkan maksud Baba Tiri adalah untuk membujuk Abi agar berhenti dari pesantren karena sudah tidak ada biaya. Akhirnya keduanya hanya mengadu air mata saja dan kemudian pulang masing-masing ketempatnya. Abi kembali kepondok dan Baba Tiri pulang ke rumah. Diakhir cerita kupandang wajah Abi yang mulai meneteskan air mata sambil mengembangkan senyum kecilnya, tak terasa saya pun tak kuasa tuk menahan air mata yang sudah mengembang sedari tadi. Yaa..itulah salah satu kisah Abi didalam perjuangan hidupnya yang juga diceritakan dalam buku Biografi Beliau.

Buku Biografi KH. Muhasyar Baran yang berjudul Perjuangan Tiada Henti – Kisah Yatim Mengangkat Harkat dan Derajat Kaumnya – ini diterbitkan dalam rangka mensyukuri 25 tahun Yayasan Panti Asuhan Al-Ikhwaniyah yang didirikan oleh Abi. Semoga buku biografi ini membawa manfaat yang banyak khususnya bagi kami anak-anaknya, karena sumbernya langsung dari Abi, dan juga bermanfaat bagi orang-orang yang cinta kepada ulama.

“SALURKAN ZAKAT, INFAQ, DAN SHODAQOH”

Bank Mandiri Cab. Bintaro : Rek.No. 128.000 088416

Bank BCA Kcp. Pondok Lestari Cab. Jakarta : Rek.No. 345.1549306

Panti Asuhan Yatim Piatu Pondok Pesatren Al-Ikhwaniyah

Jl. Panti Asuhan, Kp. Ceger, RT / W ; 08 / 05, No. 73, Jurang Mangu Barat, Pondok Aren, Tangerang Selatan, 15223, Telp. (021) 73443575 – (021) 7331377.
http://al-ikhwaniyah.blogspot.com

About Zaronja

Berbagi waktu dengan alam, kau akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya-hakikat manusia *Gie

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Ocean Park, BSD Tangerang

a Trip to Pindul Cave & Oyo River

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Grojogan Sewu, Solo

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan Imogiri

Jembatan Gantung Imogiri

My Documentary Video

%d blogger menyukai ini: