//
you're reading...
Lain-lain

“Merangkum” Kelompok 78 PPL-KKN Integratif UIN-SUKA ’12

Menceritakan ulang kembali pengalaman pertama PPL-KKN selama ±3 bulan dalam bentuk coretan kecil seperti ini memang agak terasa sulit. Bagaimana tidak, disetiap harinya selalu ada saja hal-hal yang menarik untuk dikisahkan, baik suka maupun duka.

Oh iye, kenalin dulu nih para personil kelompok 78 PPL-KKN Integratif UIN-SUKA. Kelompok yang berjumlah 11 orang, terdiri dari 5 orang laki-laki (Mulai dari si Empunya Blog “Zaronja”, n’ kemudian ada Irfan, Rosid, Imam dan Syukur) dan 6 orang wanita (Iim, Renda, Shanti, Jujuk, Tutut n Hany). Namun sayang, kalo foto keluarga kami gak pernah bisa hadir smua…ckckckck

Tepatnya pada tanggal 14 Juli 2012, kami resmi memulai kegiatan PPL-KKN yang berlokasi di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan, Bantul. *mulai jihad bangun pagi, SEMANGAT MEEEEN…!!! hha 😆

Saat minggu pertama kegiatan PPL-KKN, Kami memfokuskan diri untuk lebih banyak bersilaturrahmi dan bersosialisasi dengan warga masyarakat Ds. Munggur. Baik dari jajaran aparat pemerintahan, sesepuh, alim ulama serta warga masyarakat sekitar.

Masuk pada minggu kedua, saat itu kami kedatangan bulan suci Ramadhan. Memang yang membedakan program PPL-KKN ini adalah kami lebih memfokuskan kegiatan yang terdapat disekolah, namun kamipun juga tidak menutup diri untuk ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan.

Saat bulan Ramadhan tiba (Bulan Agustus), kami mengadakan berbagai macam perlombaan di Sekolah dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an, seperti : Lomba Cerdas Cermat agama, Adzan, Tilawah, Pidato dan Keindahan Kelas. Ada juga SANLAT yang kemudian dilanjutkan dengan acara Ifthor Jama’i bersama Dewan Guru dan juga Para Siswa MTs Hasyim Asy’ari Piyungan. Adapun di Masyarakat, kami juga ikut serta dalam kegiatan Sima’an yang dilakukan rutin setiap malam sehabis shalat tarawih berjama’ah.

Kegiatan Bulan Ramadhan Usai, kini giliran acara Halal bi Halal bersama Guru dan juga para siswa. Mulai bulan September sampai dengan Oktober, kami memulai kegiatan Praktek Mengajar selama 8 kali tatap muka. Namun tidak hanya Kegiatan Praktek Mengajar saja, tapi kami juga memiliki program-program sekolah yang telah kami rencanakan sebelumnya.

Mulai dari Bidang Keagamaan (pelatihan BTQ – baca tulis Al-Qur’an dan Kajian Fiqih Wanita), Bidang Kesiswaan (Seminar Motivasi, Leadership training, Training manajemen organisasi, Pelaksanaan jama’ah dhuhur dan penjadwalan adzan pada masing-masing kelas, Ekstrakurikuler bahasa arab dan bahasa inggris dan Pembuatan vocabulary), Bidang Sarana dan Prasarana /Fisik (Pembuatan mading, Penyampulan buku perpustakaan, Penataan ulang ruang perpustakaan, Tamanisasi dan pengadaan apotek hidup, Pengadaan alat-alat kebersihan, Penggantian papan nama ruang, Pengadaan kotak curhat dan juga Pembuatan banner visi misi sekolah).

Dan kini, ±3 bulan sudah kami telah menjalani Kegiatan PPL-KKN Integratif. Tak terasa waktu pun begitu cepat berjalan. Dan Alhamdulillah, semua program yang telah kami laksanakan dapat berjalan dengan baik.

Terdengar kabar bahwa hari Sabtu besok, tanggal 06 Oktober, akan ada penarikan dari Dosen Pembimbing yang menandakan akan berakhirnya perjuangan kami di MTs Hasyim Asy’ari. Senang yang berbalut sedih tentu yang kami rasakan. Senang bisa ngampus lagi seperti dulu, sedih karna harus meninggalkan Adik-adik kami yang berada di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan.

Dan diakhir Coretan kecil ini, Kami “kelompok 78 PPL-KKN Integratif UIN-SUKA” mengucapkan banyak terimakasih kepada Kepala Sekolah khususnya dan juga Dewan Guru yang tlah berkenan menerima kehadiran kami di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan, serta Adik-adik semua yang juga telah membuka lebar mata hati kami akan nilai sebuah perjuangan hidup. Semangat juang kalian, keuletan kalian, keteguhan kalian serta canda tawa kalian telah menjadi pelajaran buat kami untuk bisa lebih tegar lagi dalam mengarungi kehidupan yang fana ini.

Dan tentunya kami menyadari akan kekurangan ataupun kesalahan yang tlah kita perbuat di MTs Hayim Asy’ari Piyungan, atas nama kelompok 78 PPL-KKN, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya jika selama kegiatan PPL-KKN disekolah ada hal-hal tidak berkenan dihati Bapak-Ibu Guru dan juga Adik-adik semua.

Selamat tinggal semua, selamat tinggal MTs Hasyim Asy’ari. semoga kita bisa berjumpa lagi dikesempatan lain.

Terimakasih…terimakasih…terimakasih !!!

Piyungan, 05 Oktober 2012.

About Zaronja

Berbagi waktu dengan alam, kau akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya-hakikat manusia *Gie

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Ocean Park, BSD Tangerang

a Trip to Pindul Cave & Oyo River

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Grojogan Sewu, Solo

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan Imogiri

Jembatan Gantung Imogiri

My Documentary Video

%d blogger menyukai ini: