//
you're reading...
Wisata Air Terjun

Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Berbeda dari perjalanan sebelumnya, kalo yang kemaren-kemaren Ane Ngebolang bareng temen-temen yang Ane udah kenal dekat, tapi kali ini Ane Ngebolang  dengan temen-temen yang belum pernah Ane kenal sebelumnya. Yaa biar seru aja, nyobain temen baru biar memperluas koneksi itu penting lho, hhe.. Dan yang lebih serrunya lagi adalah perbedaan asal daerah kita. Apa jadinya kalo orang Betawi, Sunda, dan Papua ngumpul jadi satu..hha (sehari sblm eksekusi Ane cb buka2 kamus lokal dulu).

Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Kita semua dipertemukan oleh teman kami yang orang sunda, kebetulan mereka satu kost, singkat cerita yaudah, nyambung dah kita. Dan Air Terjun Sri Gethuk-lah yang menjadi destinasi objek wisata yang kita pilih buat ngisi weekand di Kota Jogja. Terletak di Dusun Menggoran Desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Kita berangkat dari kota jogja sekitar jam 10.30 pagi, pengennya si berangkat lebih pagi lagi biar gak panas-panasan dijalan, karna waktu itu hari minggu, jadi kita harus menunggu temen-temen yang sedang beribadat. (dari sekian lama Ane belajar PPKN, baru kali ini Ane mempraktekkan yang namanya toleransi antar umat beragama ^_^ ) daann… akhirnya kita berangkat juga ke Air Terjun Sri Gethuk.

Jarak dari kota Jogja ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk kurang lebih sekitar 40  km. Dan disepanjang jalan menuju Air Terjun kita akan menyusuri area hutan kayu putih yang kemudian berganti dengan ladang jati.

Goa Rancang Kencono Yogyakarta

Akhirnya kitapun sampai di pintu masuk wisata Desa Bleberan. Adapun tiket masuk perorang sebesar Rp. 5.000,- (sudah termasuk parkir) kitapun langsung bergegas menuju spot Air Terjun Sri Getuk, namun di tengah perjalanan kita melihat ada objek wisata yang lainnya di desa wisata bleberan ini, yaitu Goa Rancang kencono. Yaudah tanpa pikir panjang kita nyobain masuk ke Goa terlebih dahulu sebelum ke Air Terjun, namun jangan panik dulu, untuk masuk k’Goa tersebut tidak dikenakan biaya karna sudah 1 paket, ibaratnya buy 1 get 1 free.

Udah puas ngendlokke Goa Rancang Kencono, perjalanan pun berlanjut menuju Air Terjun Sri Gethuk. Sampe di parkiran Air terjun, kita bisa memilih rute mana yang akan kita gunakan untuk sampai di spot Air terjun Sri Gethuk, mau naik kapal apung atau jalan kaki menyusuri bukit dan sawah. Kemaren sih Ane ngambil yang naik kapal apung, karna pemandangannya itu yang bikin kesemsem udah kaya di green canyon gituu.. (padahal blm pernah ngerasain juga, 😆 ) buat tiket naik kapan apung ini perorang dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,-.

Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Menyusuri sungai dengan kapal apung kesannya emang beda banget, kita bisa melihat pemandangan alam sekitar sambil jeprat-jepret objek yang ada. Dan tak terasa, dari balik bukit terdengar suara Air Terjun yang menandakan kita akan sampai ditujuan.

dan woow.. ramme banget, emang begini nih kalo ngebolang weekand, kita harus berbagi liburan bersama orang-orang yang sudah berkeluarga..hhahaha 😆

Air Terjun Sri Gethuk Jogja

udah sampe di Air Terjun Sri Gethuk, temen-temen langsung aja pada basah-basahan, berenang, ada juga yg nyobain lompat tebing, tapi Ane kagak, Ane jadi tukang foto-foto aja (foto-fotoin cewe cantik). Temen-temen juga pada nanyain kenapa gak ikut basah-basahan, dan segala alesan klasik Ane sampein; gak bawa baju ganti-lah (pdhl tau klw kita mau k’air terjun), eksen lagi gak enak badan-lah, trus nanti yang moto-motoin siapa klo pada berenang semua. Ente-kan tau sendiri pengalaman berenang Ane buruk banget, kejadian terakhir waktu cave tubing di Goa Pindul, Ane sok-sok’an lompat tebing berulang-ulang gitu, padahal setelah timbul Ane langsung berenang diatas punggung orang, biar keliatan eksis aja di kamera ikut-ikutan lompat, hahahaha… (Lihat Video)

Di lokasi Air Terjun Sri Gethuk sebenarnya juga disediakan tempat sewa ban, pelampung dan juga kacamata. Ada juga para penjaga yang siap mengawasi wisatawan saat berenang. Jadi jangan takut kalo gak bisa berenang, tapi tetep aja Ane gak pengen, Ane pengen menikmati pemandangan di sekitar Air Terjun aja sambil menghayati makna berkesendirian (mulai dah galaunya) hahahaha… 😆  ditambah lagi dengan kedatangan dua orang yang terlihat udah Abah-abah, tapi gila meen bawaannya, 3 kamera DSLR lengkap dengan lensa zoom, tripod beserta aksesoris lainnya membuat galau Ane naek jadi stadium empat. Kayaknye si lagi bikin timelapse gitu. Tapi tak apalah, semua sudah terbayar dengan keindahan panorama alam yang disuguhkan oleh Air terjun Sri Gethuk, apalagi udah dapet temen baru yang ternyata mereka bae-bae juga ye, lebih care, menghargai pendapat orang lain, suka berbagi, termasuk juga udah ngebayarin Ane. hahahaha 😆  (becanda kok) hhahahaha 😆

Ya SalaaMm…

 

About Zaronja

Berbagi waktu dengan alam, kau akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya-hakikat manusia *Gie

Diskusi

3 respons untuk ‘Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

  1. loh disini itu bisa rafting juga toh? hotel murah di jogja

    Posted by hotelmurahdijogja | 1 September 2015, 8:54 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Goa Rancang Kencono Yogyakarta | Zaronja Berharap - 19 Maret 2013

  2. Ping-balik: Pesona Alam di Air Terjun Sri Gethuk | mustofahasand - 8 Maret 2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Ocean Park, BSD Tangerang

a Trip to Pindul Cave & Oyo River

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Grojogan Sewu, Solo

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan Imogiri

Jembatan Gantung Imogiri

My Documentary Video

%d blogger menyukai ini: