//
you're reading...
Wisata Goa

Goa Rancang Kencono Yogyakarta

Ngomongin soal objek wisata Goa Rancang Kencono, gak akan terlepas dengan objek wisata Air Terjun Sri Gethuk. Karena memang 2 objek wisata ini berada satu tempat objek wisata yang terdapat di Desa Bleberan. Sebenernya kemaren si cuma pengen ke Air Terjunnya aja, tapi karna biaya masuk ke Goa Rancang Kencono sudah termasuk biaya ke Air terjun ya apa salahnya sekalian mampir ke Goa tersebut..hhe 😆

Goa Rancang Kencono Yogyakarta

Goa Rancang Kencono terletak di Dusun Menggoran Desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa yang diperkirakan sudah berusia lebih dari 2 abad ini pernah dijadikan sebagai spot persembunyian dan pertempuran pasukan mataram pada saat usaha untuk mengusir penjajah belanda dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Karena digunakan untuk merancang strategi demi tujuan mulia maka gua ini dinamakan Gua Rancang Kencono.

Bersama teman-teman yang lain, Ane berangkat dari Kota Jogja sekitar jam 10.30 Wib. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam untuk sampai dilokasi.  Uniknya dari Goa Rancang Kencono adalah pada saat kita memasuki Goa, kita akan melihat sebuah pohon besar yang berada tepat ditengah-tengah mulut Goa tersebut. Dan menurut Ane hal inilah yang paling menarik wisatawan saat berada disana.

Goa Rancang Kencono Yogyakarta

Dilokasi wisata Goa Rancang Kencono juga terdapat anak-anak kecil yang menyewakan senter untuk penerangan didalam Goa, namun Ane kemaren gak berminat masuk kedalam Goa, karna pada saat itu banyak wisatawan yang masuk kedalam sedangkan lorong-lorongnya sangat sempit dan pengap, kebetulan juga tujuan utama kita yaitu ke Air Terjun Sri Gethuk, jadi hanya lihat-lihat sebentar aja di Goa Rancang Kencono.

Well, tapi serru juga bisa luangin waktu ke Goa ini, Ane kira goanya biasa-biasa aja kayak goa-goa pada umumnya, eh ternyata Goa Rancang Kencono ini memiliki keunikan tersendiri yang membuat Ane kagum dengan kehadiran Pohon besar yang menghiasinya. Rasanya tuh kayak mistis-mistis romantis gimanaa gitu..hhe 😆 kalo ada dibawah Pohon besar itu. Udah puas ngebolang di Goa Rancang Kencono, perjalanan dilanjutkan menuju spot Air Terjun Sri Gethuk.

Untuk temans-temans yang juga ingin ngebolang ke Air Terjun Sri Gethuk, jangan lupa ye juga nyobain objek wisata yang satu ini (Goa Rancang Kencono) , dijamin kagak bakalan nyesel dah, hhehehe 😆

Berbagai sumber

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

About Zaronja

Berbagi waktu dengan alam, kau akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya-hakikat manusia *Gie

Diskusi

2 respons untuk ‘Goa Rancang Kencono Yogyakarta

  1. loh ini namanya goa rancang kencono toh? hotel murah di jogja

    Posted by hotelmurahdijogja | 1 September 2015, 8:57 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta | Zaronja Berharap - 19 Maret 2013

Tinggalkan Balasan ke hotelmurahdijogja Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Ocean Park, BSD Tangerang

a Trip to Pindul Cave & Oyo River

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Grojogan Sewu, Solo

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan Imogiri

Jembatan Gantung Imogiri

My Documentary Video

%d blogger menyukai ini: