//
you're reading...
Wisata Air Terjun

Curug Seribu : Sabar Yang Berujung Manis

curug seribu - Bogor

curug seribu – Bogor

Ini merupakan perjalanan ke 3 Ane di kawasan Pariwisata Gunung Salak Endah. Meskipun perjalanan yang kesekian kalinya, namun tidak mengurangi rasa excited Ane terhadap spot-spot wisata yang disuguhkan di kawasan yang juga memilki sebutan Gunung Bunder ini.

Kawasan Pariwisata Gunung Salak Endah berada di kecamatan Pamijahan Bogor. Rutenya pun tak sesulit yang dibayangkan, jika kita dari Bogor maka ambil rute arah IPB (Institut Pertanian Bogor) Dramaga, ikuti saja rutenya sekitar 4-5 km dan kemudian ada pertigaan belok ke kiri (ada plang petunjuk), lalu ikuti saja jalan tersebut sejauh 27 km naik ke arah kawasan Gunung Bunder.

Dalam perjalanan kali ini Ane ditemani oleh beberapa sahabat jaman SD tempo dŏëlŏë, mereka adalah Imenk, Ahmed & Uni. Dan kalian tahu, ini adalah event touring pertama kalinya bersama mereka sejak 10 tahun terakhir tidak bersua, bisa dibayangkan betapa serunya bisa kumpul lagi bersama mereka sambil berkelana di Gunung Bunder. Pada akhirnya kami memilih objek wisata Curug Seribu yang menjadi spot wisata tujuan utama di kawasan tersebut.

curug seribu - Bogor

curug seribu – Bogor

Curug Seribu merupakan curug terbesar di kawasan Gunung Bunder. Curug yang sumber airnya berasal dari Gunung Salak ini memiliki ketinggian mencapai sekitar ± 100 m. Agar bisa sampai dilokasi, kita harus bersusah payah dahulu, karena memang medannya cukup menguras tenaga. Ya meskipun jalannya sudah dibuatkan tangga dari batu-batu dan juga kayu penyangga, namun tetap saja butuh perjuangan yang ekstra, dan yang paling terasa berat sebenarnya adalah saat kembali pulang karena kita harus berjalan menanjak, menanjak dan terus menanjak. 😆 . Butuh waktu sekitar 1-2 jam dengan berjalan kaki agar kita bisa sampai disana.

Walaupun tracknya melelahkan, namun siapa sangka –dengan tekad yang kuat dan juga kesabaran yang tersisa– dibalik itu semua terdapat panorama alam yang super epic. Dan biasanya, suatu medan (track) yang sulit/melelahkan itu berbanding lurus dengan keindahan alam yang disuguhkan oleh spot wisata tersebut. Dan Curug Seribu ini buktinya. Tak salah jika curug ini diberi nama “Curug Seribu” karena memang disepanjang jalan menuju lokasi, terdapat beberapa curug kecil yang menghiasi dinding-dinding gunung.

curug seribu - Bogor

curug seribu – Bogor

Sesekali Ane hirup dalam-dalam udara segar nan sejuk tepat dihadapan curug besar ini, seperti ada hamparan embun yang jatuh manja didepan wajah ini. Sambil berbisik dihati Ane berucap, “Oh Tuhan, Indah sekali ciptaanMu ini. Bantu kami menjaganya.”   Dan masih ada beberapa curug lagi yang belum Ane kunjungi di kawasan Gunung Bunder ini. Semoga Tuhan masih memberikan kesempatan itu. So… untuk sahabat-sabahat Ane, bersiaplah untuk perjalanan selanjutnya. 🙂

About Zaronja

Berbagi waktu dengan alam, kau akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya-hakikat manusia *Gie

Diskusi

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Mencoba Tersesat di Air Terjun Ciparay | Zaronja Berkelana - 2 Januari 2019

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Ocean Park, BSD Tangerang

a Trip to Pindul Cave & Oyo River

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Grojogan Sewu, Solo

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan Imogiri

Jembatan Gantung Imogiri

My Documentary Video

%d blogger menyukai ini: