//
you're reading...
Uncategorized

ATC Trip to Makam Auliya’ Empang Bogor & Tadabur alam Ujung Genteng

Al-Ikhwaniyah Touring Community

Al-Ikhwaniyah Touring Community

Sabtu, 25 Juli 2015, ATC (Al-Ikhwaniyah Touring Community) kembali melancarkan kegiatan touringnya yang berlokasi didaerah Bogor-Sukabumi. Ada dua spot tujuan utama kami pada perjalanan touring kali ini, yaitu ziarah ke makam para auliya’ di Empang Bogor dan juga tadabur alam di Ujung Genteng Sukabumi.

Tepat pukul 08.00 wib, kami briefing dan bersiap memulai perjalanan dari YPI Al-Ikhwaniyah menuju Empang Bogor. Rutenya sangat mudah, dari Jakarta menuju arah Ciputat – Depok – Parung – Bogor. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari Objek Wisata Kebun Raya Bogor. Pada pukul 10.00 wib, kami sudah sampai dilokasi tersebut. Butuh waktu sekitar ± 2 jam perjalanan untuk sampai di makam yang beralamat di Jl. Lolongok Kompleks Masjid An-Nur ini.

Suasana khusyuk penuh khidmat sudah kami rasakan saat masuk kedalam area makam. Terdapat beberapa makam para auliya’ di Empang Bogor ini, diantaranya al-Habib Abdullah bin Muhsin Alattas bersama dengan makam anak-anaknya yaitu al-Habib Muhsin bin Abdullah Alattas, al-Habib Zain bin Abdullah Alattas, al-Habib Husein bin Abdullah Alattas, al-Habib Abubakar bin Abdullah Alattas, Syarifah Nur binti Abdullah Alattas dan juga murid tercintanya yaitu al-Habib Alwi bin Muhammad bin Thahir al-Haddad serta seorang ulama besar Pimpinan Ponpes al-Busyro Citayam Depok, al-Habib Abdurrahman bin Ahmad Assegaf.

Al-Ikhwaniyah Touring Community

Al-Ikhwaniyah Touring Community

Dari sejarah singkatnya, al-Habib Abdullah bin Muhsin Alattas dilahirkan pada hari Selasa, 20 Jumadil Awal 1275 H. di Desa Haurat, Kampung Huraidhah, Hadhramaut. Jika kita melihat garis Nasab beliau adalah al-Habib Abdullah bin Muhsin bin Muhammad bin Abdullah bin Muhammad bin Muhsin bin Husein bin Umar bin Abdurrahman Alattas sampai ke Sayyidina Ali bin Abi Thalib Kw. dengan Sayyidatuna Fathimah az-Zahra binti Rasulullah Saw. Beliau merupakan seorang waliyullah yang namanya masyhur disemua kalangan baik umum maupun khusus. Beliau adalah “ahlul kasyaf” dan ahli ilmu agama serta seorang ulama murabbi yang menjadi panutan para ahli tasawuf sehingga menjadi teladan yang baik bagi semua golongan. Al-Habib Abdullah bin Muhsin Alattas wafat pada hari Selasa, 29 Dzul Hijjah 1351 H.

Tidak banyak kesempatan waktu yang kami peroleh dilokasi Makam Empang Bogor ini karena harus rela bergantian dengan para peziarah dari dalam kota maupun luar kota yang sudah berdesak-desakkan diujung pintu. Kamipun bergegas untuk pamit dan melanjutkan perjalanan selanjutnya ke daerah Ujung Genteng – Sukabumi.

Al-Ikhwaniyah Touring Community

Al-Ikhwaniyah Touring Community

Sekitar pukul 11.00 wib, kami berangkat dari Empang Bogor menuju Ujung Genteng Sukabumi. Mengabil rute dari arah Ciawi – Cicurug – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cikembar – Jampang kulon – Surade – hingga sampai di Ujung Genteng. Hampir ± 8 jam perjalanan untuk sampai di daerah yang terletak di semenanjung barat daya Pulau Jawa ini.

Pada pukul 19.30 wib. Tibalah kami di Pantai Ujung Genteng yang juga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Meskipun gelap malam telah menyelimuti dinding-dinding langit, namun suara ombak dan hembusan angin pantai begitu syahdu menyambut kedatangan kami. Rasa lelah setelah melakukan perjalanan membelah bukit-bukit disepanjang jalan Ujung Genteng kini sirna.

Keesokan harinya, kami bersiap menyambut pesona sunrise-nya Pantai Ujung Genteng, seakan tak ingin kehilangan part the best moment, kamipun mengabadikan beberapa foto di kawasan Pantai Ujung Genteng ini.

Al-Ikhwaniyah Tour

Al-Ikhwaniyah Tour

Selesai menikmati eloknya fajar terbit, kini saatnya kami kembali pulang ke kampung halaman. Perjalanan yang cukup melelahkan memang, namun itu semua seolah menjadi pengalaman berharga yang tak didapat diruang yang berukuran 9m x 8m. Belum ada keputusan bersama untuk spot tujuan touring selanjutnya, yang pasti dimusim libur UTS sekolah nanti, kami akan mengadakan event touring selanjutnya. Insya Allah.

Al-Ikhwaniyah Touring Community

Al-Ikhwaniyah Touring Community

Salam ATC !

Sumber: http://pustakamuhibbin.blogspot.com/2013/09/ikan-yang-sedang-dilahap-itu-pun-hidup.html

About Zaronja

Berbagi waktu dengan alam, kau akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya-hakikat manusia *Gie

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Ocean Park, BSD Tangerang

a Trip to Pindul Cave & Oyo River

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Grojogan Sewu, Solo

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan Imogiri

Jembatan Gantung Imogiri

My Documentary Video

%d blogger menyukai ini: