//
you're reading...
Al-Ikhwaniyah

ATC Road To West Java

Libur sekolah telah tiba, kini waktunya ATC (Al-Ikhwaniyah Touring Community) melanjutkan perjalanan touringnya ke berbagai daerah di Indonesia. Jika sebelumnya ATC menelusuri daerah Pandeglang & Sukabumi, maka perjalanan kali ini ATC terus memperluas khazanah touringnya berkeliling daerah khususnya di Jawa Barat. Rute perjalan kami mulai dari Cianjur–Bandung–Tasikmalaya–Ciamis-Banjar-Pangandaran–Bogor. Ada 3 destinasi wisata yang kami pilih, diawali dengan wisata religi ziarah ke Makam Dalem Cikundul kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke Makam dan Goa Pamijahan yang  diakhiri dengan ngetrip ke objek wisata Pantai Pangandaran.

Makam Dalem Cikundul terletak di Desa Cijagang Kec. Cikalongkulon Kab. Cianjur. Lokasi tersebut merupakan makam dari Bupati Cianjur pertama yaitu RD. KJ. Aria Wiratanudatar (KJ. Dalem Cikundul) Bin RD. KJ. Aria Wangsa Gofarana. Konon makam ini dikenal sebagai cikal bakal lahirnya Kabupaten Cianjur. Maka tak heran ketika kami menziarahi makam beliau selalu tak pernah sepi dari peziarah baik lokal maupun luar daerah.

Selanjutnya kami meneruskan perjalanan menuju Makam & Goa Pamijahan. Butuh waktu cukup lama untuk sampai ke spot ziarah yang satu ini, ditambah lagi dengan kondisi jalanan yang berlika-liku naik turun bukit sehingga membuat kami perlu beristirahat sejenak melepas lelah.

ATC-Ziarah Pamijahan (5)

Melepas lelah di Saung Sunda

Dilokasi ini terdapat makam Waliyullah Kanjeng Syeikh H. Abdul Muhyi dan juga Gua Safarwadi, Pamijahan. Sepanjang hari spot ziarah yang satu ini selalu terlihat ramai dikunjungi para peziarah. Itu terbukti ketika kami sampai dilokasi pada jam 01.30 Wib dini hari, masih terdapat peziarah naik-turun berlalu lalang dilokasi tersebut. Hal ini menunjukkan betapa dahsyatnya karamah dari Waliyullah Kanjeng Syeikh H. Abdul Muhyi. Sedangkan Gua Safarwadi Pamijahan sendiri berada tidak jauh dari makam. Kita hanya melanjutkan perjalanan naik anak tangga beberapa ratus meter saja.

Gua Pamijahan

Gua Safarwadi Pamijahan

Wisata rohaniah sudah, kini saatnya sisi jasmaniah yang perlu kami dapatkan. Wisata jasmaniah yang kami tuju adalah Pantai Pangandaran. Setelah menempuh perjalanan berjam-jam dari Pamijahan, akhirnya kami sampai di spot wisata Pantai Pangandaran. Pantai yang berada disebelah tenggara Jawa Barat ini berlokasi di Ds. Pananjung, Kec. Pangandaran Kab. Pangandaran. Prov. Jawa Barat. Masing-masing dari kami memilih cara tersendiri untuk menikmati pesona Pantai Pangandaran, ada yang memilih berenang sambil belajar surfing, ada juga yang lebih suka bercengkrama dengan penduduk sekitar dan ada pula yang sekedar menikmati deraian ombak dari pinggir pantai sambil mencari jodohnya. :green:

Pantai Pangandaran (6)

Basah-basah di Pantai Pangandaran

Setelah puas menikmati pesona Pantai Pangandaran, akhirnya kami menuju kampung halaman tercinta. Tak lupa pula kami beristirahat di Puncak Bogor sambil mencari buah tangan untuk sanak keluarga dirumah. Perjalanan yang menghabiskan waktu 3 hari 2 malam ini bukanlah sekedar hanya “perjalanan panjang” saja. Tapi justru kita banyak belajar dari sebuah arti “perjalanan”. Belajar dari alamnya, dari kehidupan manusia disekitarnya dan juga dari setiap peristiwa yang kita lewati disepanjang perjalanan. Itu semua merupakan hal yang luar biasa yang tak didapat dibangku sekolah.

“Berjalanlah, dan belajar dari perjalanan tersebut…”

Salam ATC

About Zaronja

Berbagi waktu dengan alam, kau akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya-hakikat manusia *Gie

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Ocean Park, BSD Tangerang

a Trip to Pindul Cave & Oyo River

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Grojogan Sewu, Solo

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan Imogiri

Jembatan Gantung Imogiri

My Documentary Video

%d blogger menyukai ini: