//
you're reading...
Al-Ikhwaniyah, Wisata Goa, Wisata Pantai, Wisata Religi

ATC Trip to BANTEN

Mengikuti kegiatan touring memang selalu menyenangkan, apalagi dilakukan bersama teman-teman seperjuangan, belum lagi jika kita berpapasan dengan team touring lain dijalan. kita akan saling bertegur “plakson” (bukan “sapa” ya, susah), ada yang tebar-tebar pesona juga ke boncengannya team touring tetangga, eh.., ada juga yang tebar-tebar paku dibelakang (makin ngaco dah), pastilah semakin bergairah rasanya.  Mungkin itu menjadi kesan singkat komunitas touring kami (ATC) saat melakukan touring pada liburan akhir semester genap pekan lalu.

Al-ikhwaniya Touring Community

Al-Ikhwaniyah Touring Community

***

BANTEN, menjadi kota destinasi touring kali ini. Tepatnya pada hari Minggu (10/07), ATC memulai safarinya untuk berziarah ke Makam Sulthan Maulana Hasanuddin yang terletak di daerah Banten Lama. Sulthan Maulana Hasanuddin merupakan seorang Raja Banten I yang dilahirkan dari pernikahan Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Djati) dengan Nyi Ratu Kawung Nganten. Beliau lahir pada tahun 1479 dan wafat pada tahun 1570 di Banten.

sumber : khazanah.republika.co.id

sumber : khazanah.republika.co.id

Butuh waktu ± 2,5 jam untuk sampai ke lokasi makam Sulthan Maulana Hasanuddin dari Tangerang Selatan. Sayangnya, kami tidak punya foto dokumentasi di tempat ini, karena pada saat itu kondisinya cukup penuh sesak oleh para pengunjung yang datang. Untuk berdoa saja para peziarah hanya diberikan beberapa puluh menit, karena masih banyak lagi pengunjung yang silih berganti berziarah ke makam.

Setelah berziarah, ATC kembali melanjutkan perjalanannya ke desa wisata Sawarna. Cukup menghabiskan waktu berjam-jam untuk sampai ke lokasi desa wisata yang satu ini. Karena memang lokasinya yang sangat jauh dan terpencil, namun sebelum sampai di desa sawarna, kami memilih untuk bersilaturrahim sekaligus beristirahat sejenak di kediaman salah seorang guru yang tidak lain adalah partner kami di Al-Ikhwaniyah. Pada saat itu juga kondisinya sudah menjelang larut malam, dan kebetulan rumah keluarga beliau berada diseberang desa Sawarna, jadi tidak ada salahnya jika kami berkunjung ke rumah beliau.  🙂

Goa Langir (2)

Goa Langir

Di pagi harinya kami mengeksplor keindahan pesona wisata yang terdapat di desa Sawarna. Dan ternyata ada banyak pilihan obyek wisata yang bisa kita kunjungi disini. Mulai dari pantai, goa, sungai, jembatan, sawah de el el. Namun dari sekian wisata yang disuguhkan, kami hanya memilih 2 destinasi wisata yang cukup menarik perhatian, yaitu Goa Langir dan Pantai Tanjung Layar.

Saat menuju spot Goa Langir terdapat beberapa goa yang sempat kita lewati, diantaranya ada Goa Harta Karun, Seribu Candi dan Lalay. Dari segi ukuran, Goa Langir memiliki ukuran yang lebih besar dibanding goa-goa tersebut dan lokasinya pun langsung menghadap ke pantai lepas, sungguh pemandangan yang menakjubkan.

Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar

Dan selanjutnya Pantai Tanjung Layar menjadi destinasi terakhir kami di desa Sawarna. Berjarak hanya beberapa puluh menit saja dari Goa Langir, kita sudah sampai di Pantai cantik ini. 2 ikon bukit yang menjulang ditengah-tengah pantai serta dihiasi ornamen dinding-dinding karang dibelakangnya membuat Pantai Tanjung Layar semakin elok dipandang mata. Tak heran jika Pantai Tanjung Layar menjadi salah satu wisata pantai primadona di Banten. Kami pun tak sungkan untuk mengabadikan the best moment kami di pantai yang berada di kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak-Banten ini.

Teriknya Sang Surya mengakhiri perjalanan kami untuk kembali pulang. Semoga touring kami ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mencari lokasi spot wisata menarik khususnya yang terdapat di daerah Banten.

Salam ATC 🙂

About Zaronja

Berbagi waktu dengan alam, kau akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya-hakikat manusia *Gie

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Ocean Park, BSD Tangerang

a Trip to Pindul Cave & Oyo River

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Grojogan Sewu, Solo

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan Imogiri

Jembatan Gantung Imogiri

My Documentary Video

%d blogger menyukai ini: